Minggu, 22 Desember 2013

HUBUNGAN METODE DAN STRATEGI



PEMBAHASAN
HUBUNGAN METODE DENGAN STRATEGI PEMBELAJARN
A. Pengertian Metode
Metode berarti jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan pengertian metode mengajar menurut para ahli bahwa metode mengajar adalah cara yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan memudahkan peserta didik menerima bahan ajar atau materi pelajaran. Metode mengajar yang dikembangkan dalam proses belajar mengajar merupakan intraksi antara guru dan siswa dengan mengacu pada tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Sumber Buku :
Werkanis, Dkk, 2005, Strategi Mengajar, Sutra Benta Perkasa: Riau. Hlm 52

B. Pengertian Strategi Pembelajaran
Menurut Webster (Gerlacdan ely, 1974) strategi mengajar adalah suatu seni menggunakan atau memikirkan rencana-rencana untuk mencapai suatu tujuan. Menurut Anthon S. Jones dalam bukunya strategi For Teaching (1979: 1) mengatakan bahwa strategi mengajar adalah An Enducational Method For Turning Knowladge Into Learning yaitu metode pendidikan untuk mengubah pengetahuan menjadi belajar, dimana perubahan perilaku individu dalam kawasan kognitif, afektif, dan psikomotor.
Jadi strategi mengajar diartikan sebagai rencana yang digunakan guru dalam menyampaikan bahan ajar kepada anak didik.

C. Hubungan Metode dengan Strategi Pembelajaran
Strategi mengajar dapat dikatakan sebagai perencanaan pengajaran yang diaktualisasikan dalam proses belajar mengajar. Menurut Dadang Sulaiman (1988: 140) bahwa penentuan strategi dalam pengajaran didasarkan pada tujuan-tujuan yang akan dirumuskan, metode-metode ada yang akan digunakan dalam menyampaikan bahan ajaran, serta pendekatan yang paling efektif dan paling efisien dalam membantu siswa mencapai tujuan.
Hubungan Metode dengan strategi pembelajaran digambarkan sebagai suatu kesatuan sistem yang bertitik tolak dari penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan strategi pembelajaran, dan perumusan tujuan, yang kemudian diimplementasikan ke dalam berbagai metode dan teknik yang relevan selama proses pembelajaran berlangsung. Jadi, strategi itu merupakan sebuah perencanaan untuk melaksanakan metode dan tahap-tahap pembelajaran

Sumber buku :
Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia. Hlm 2



KESIMPULAN
PENDAPAT SAYA

Menurut saya dari penjelasan di atas dapat di tarik kesimpulan mengenai metode dan strategi pembelajaran serta hubungan dari keduanya, yaitu bahwa metode itu merupakan jalan yang dilalui seorang guru dalam mengajar anak didik untuk mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut. Sedangkan strategi pembelajaran itu merupakan rencana yang digunakan oleh seorang guru dalam menyampaikan bahan ajar kepada anak didik.
Jadi, hubungan antara metode dengan strategi pembelajaran itu ialah, bahwa strategi itu merupakan sebuah perencanaan untuk melaksanakan metode dan tahap-tahap pembelajaran yang mana strategi dalam pembelajaran itu berdasarkan pada tujuan pembelajaran  yang telah dirumuskan, dan sesuai dengan metode yang akan digunakan dalam menyampaikan bahan ajar kepada anak didik, serta dengan menggunakan pendekatan yang efektif dan efisien yang dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan dari pembelajarn tersebut.










DAFTAR PUSTAKA

Werkanis, Dkk, 2005, Strategi Mengajar, Sutra Benta Perkasa: Riau.
Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Machasin,2008, Kata Pengantar Direktur Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama, Jakarta: Desember.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar