PEMBAHASAN
HUBUNGAN METODE DENGAN STRATEGI
PEMBELAJARN
A. Pengertian
Metode
Metode berarti jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai
tujuan tertentu. Sedangkan pengertian metode mengajar menurut para ahli bahwa
metode mengajar adalah cara yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar
dengan tujuan memudahkan peserta didik menerima bahan ajar atau materi
pelajaran. Metode mengajar yang dikembangkan dalam proses belajar mengajar
merupakan intraksi antara guru dan siswa dengan mengacu pada tujuan yang telah
ditentukan sebelumnya.
Sumber Buku :
Werkanis, Dkk, 2005, Strategi Mengajar, Sutra Benta
Perkasa: Riau. Hlm 52
B. Pengertian Strategi Pembelajaran
Menurut Webster (Gerlacdan ely, 1974) strategi mengajar adalah
suatu seni menggunakan atau memikirkan rencana-rencana untuk mencapai suatu
tujuan. Menurut Anthon S. Jones dalam bukunya strategi For Teaching (1979: 1)
mengatakan bahwa strategi mengajar adalah An Enducational Method For Turning
Knowladge Into Learning yaitu metode pendidikan untuk mengubah pengetahuan
menjadi belajar, dimana perubahan perilaku individu dalam kawasan kognitif,
afektif, dan psikomotor.
Jadi strategi mengajar diartikan sebagai rencana yang digunakan
guru dalam menyampaikan bahan ajar kepada anak didik.
C. Hubungan Metode dengan Strategi
Pembelajaran
Strategi mengajar dapat
dikatakan sebagai perencanaan pengajaran yang diaktualisasikan dalam proses
belajar mengajar. Menurut Dadang Sulaiman (1988: 140) bahwa penentuan strategi
dalam pengajaran didasarkan pada tujuan-tujuan yang akan dirumuskan,
metode-metode ada yang akan digunakan dalam menyampaikan bahan ajaran, serta
pendekatan yang paling efektif dan paling efisien dalam membantu siswa mencapai
tujuan.
Hubungan
Metode dengan strategi pembelajaran digambarkan sebagai suatu kesatuan sistem
yang bertitik tolak dari penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan strategi
pembelajaran, dan perumusan tujuan, yang kemudian diimplementasikan ke dalam
berbagai metode dan teknik yang relevan selama proses pembelajaran berlangsung.
Jadi, strategi itu merupakan sebuah perencanaan untuk
melaksanakan metode dan tahap-tahap pembelajaran
Sumber buku
:
Ramayulis, Metodologi
Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia. Hlm 2
KESIMPULAN
PENDAPAT SAYA
Menurut saya dari penjelasan di atas dapat di tarik
kesimpulan mengenai metode dan strategi pembelajaran serta hubungan dari
keduanya, yaitu bahwa metode itu merupakan jalan yang
dilalui seorang guru dalam mengajar anak didik untuk mencapai tujuan dari
pembelajaran tersebut. Sedangkan strategi pembelajaran itu merupakan rencana
yang digunakan oleh seorang guru dalam menyampaikan bahan ajar kepada anak
didik.
Jadi, hubungan antara metode
dengan strategi pembelajaran itu ialah, bahwa strategi itu merupakan sebuah
perencanaan untuk melaksanakan metode dan tahap-tahap pembelajaran yang mana
strategi dalam pembelajaran itu berdasarkan pada tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan, dan sesuai dengan
metode yang akan digunakan dalam menyampaikan bahan ajar kepada anak didik,
serta dengan menggunakan pendekatan yang efektif dan efisien yang dapat
membantu siswa dalam mencapai tujuan dari pembelajarn tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Werkanis,
Dkk, 2005, Strategi Mengajar,
Sutra Benta Perkasa: Riau.
Ramayulis, Metodologi
Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Machasin,2008, Kata Pengantar Direktur
Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama, Jakarta: Desember.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar